Senin, 01 April 2013

Ternyata Seni Dapat Sembuhkan Stroke

Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dan stroke juga merupakan penyebab kematian nomor tiga di Amerika Serikat (AS) serta negara-negara industri di Eropa. Setiap tahunnya para penderita stroke juga terus-menerus meningkat.
 
Sebuah studi mengungkapkan penderita stroke yang menyukai seni seperti musik, lukisan dan teater memiliki kemungkinan sembuh lebih besar daripada penderita yang tak menyukai seni.

“Di dunia, tercatat setiap enam detik seseorang terkena penyakit stroke,” kata Ercole Vellone, asisten profesor ilmu keperawatan di Universitas Tor Vergata, Roma.

Vellone yang juga terlibat dalam studi tersebut menyebutkan salah satu strategi guna meningkatkan kesembuhan pasien adalah perbaikan layanan kesehatan dan memelajari hubungan seni dan stroke,” katanya.

Dari hasil studi tersebut , 192 pasien yang terbebas dari stroke (rata-rata berusia 70 tahun), sebanyak 105 orang adalah penikmat seni. Sisanya, sama sekali tidak tertarik dengan seni.

Pasien stroke yang menyukai seni secara umum memiliki kesehatan yang lebih baik. Mereka lebih mudah berjalan, ber-energi, lebih berbahagia dan lebih tenang.

Di samping itu , para pasien penyuka seni ini juga memiliki ingatan lebih tajam dan bisa mengerti apa yang diucapkan orang lain.

Penelitian ini dipresentasikan dalam acara The 12th Annual Spring Meeting on Cardiovascular Nursing di Kopenhagen, Denmark.

http://kabartop.com/penelitian-ternyata-seni-dapat-sembuhkan-stroke

0 komentar:

Posting Komentar