Selasa, 02 April 2013

Ada Kehidupan Di Titik Terdalam Di Lautan

Satu tim ilmuwan internasional mengatakan ada kehidupan di Mariana Trench, yang dikenal sebagai titik terdalam di samudera.

Para pakar menemukan di Mariana Trench, yang terletak 11 kilometer di bawah dasar Samudera Pasifik, ada organisma mikroskopik.

"Titik terdalam di lautan jelas bukan zona mati," kata Dr Robert Turnewitsch, salah satu anggota tim ilmuwan.

"Mikroba-mikroba ini bernafas seperti kita. Dan konsumsi oksigen ini sebagai salah satu indikasi tidak langsung adanya kegiatan di komunitas mereka," tambahnya.

Dalam tulisan ilmiah yang mereka muat di jurnal Nature Geoscince, para ahli ini mengatakan mikroba primitif bersel tunggal ini sepertinya lebih aktif dari mikroba yang berada di perairan yang lebih dangkal.
Para peneliti mengatakan organisme ini mendapatkan makanan dari tanaman dan binatang-binatang lain yang tenggelam dari permukaan laut.

Tadinya diperkirakan palung di dasar samudera ini tidak mendukung kehidupan karena kondisi lingkungan di sana dinilai terlalu ekstrem.

Namun penelitian ini menunjukkan ada mahluk hidup yang bisa bertahan dalam suhu nyaris beku, gelap gulita, dan dalam tekanan yang luar biasa besar.

http://www.bbc.co.uk/indonesia

0 komentar:

Posting Komentar